Kalo
gw boleh jujur sama kalian,gw mengibaratkan motor itu sebagai cewek
atau yang lo anggap special,jd kalo lo mau ngerubah tunggangan
lo,pikirin dulu dampaknya biar ga jadi hal yang sia-sia.
JURUS PERTAMA :
Gambar di samping ada 3 buah karburator ,kemarin gw telah beri ulasan di tips korek mesin yang gw buat,tetapi gw belum kasih tau kalian mana yang di sebut karburator.
Gambar
diatas saya beri nomor urut 1 sampai 3 sebenarnya pada gambar 1sampai 3
semua itu gambar karburator bukan ukuran standar bawaan motor,di blog
gw yang lalu gw bilang bikin motor lo jadi kenceng bisa maenin
karburator aja dengan cara mengganti sepuyernya dengan ukuran yang lebih
besar ,tapi gw saranin buat motor yang benar-benar standar lo naikin
spuyer jangan terlalu besar minimal lo naikin 5 sampai maksimal 10,tapi
kalo lo mau rombak yang agak ekstrim lo bisa lemer karbu lo,biasanya ada
batasan buat ngelemer karbu lo,gw saranin lo lemer 1,5 sampai 2mm,itu
juga ga bisa lo kerjain sendiri lo musti singgah ke tukang bubut.
Jadi
gak bisa sembarangan and lo anggap enteng karna kalo lemer karbu
resikonya sangat besar,karbu lo gak bisa di balikin jadi standar lagi
dan kalo salah sedikit aja pada lemeran lo itu berakibat motor lo susah
di seting dalam arti kata jadi ngawur tu setingan,jadi gw saranin buat
pemula lo cukup main sepuyer aja karna gak beresiko tinggi dan bisa di
balikin jadi standar lagi.
JURUS KEDUA :
Buat yang satu ini gw gak bisa ngasih penjelasan yang kongkrit karna dalam pembelajaran gw CDI
atau perangkat pengapian ini sudah di buat permanen,kita semua gak bisa
ngerubah apa lagi kutak kutik tu CDI bisa gak idup motor lo alias
MAMPUS,tapi semua itu ada jalan keluarnya ,lo liatkan gambar diatas ada 2
CDI,yang gak ada logonya itu CDI standar pabrik and yang satunya CDI
racing,setiap motor standar biasanya perangkat CDInya menggunakan CDI
yang LIMITER sehingga kita tidak bisa geber motor hingga maksimal
karna sudah dipatok hanya bisa digeber misalkan Cuma 10000rpm gak bisa
lebih ,sedangkan CDI racing pada gambar yang ada disamping gambar CDI
standar tersebut menganut sistim CDI unlimiter artinya rpm yang di hasilkan gak dipatok bahkan bisa melampaui rpm standarnya.
Oleh
karna itu gw saranin ma kalian jangan main-main sama perangkat yang
satu ini,mending langsung lo ganti aja CDI yang standar ama yang RACING
kalo lo mau ngedapetin rpm yang maksimal,kan udah banyak perangkat CDI
yang di jual di TOKO AKSESORIES,tapi gw punya temen yang bisa ngatasin
masalah lo sama perangkat pengapian ini,karna temen gw ini bisa bikin
CDI standar jadi CDI racing,kalo lo penasaran lo bisa kontak temen gw
ini,atau lo bisa langsung datang ke markas CCMS di daerah pedurenan Jakarta selatan,atau lo kontak (021 95439940) AMBONK.
JURUS KETIGA :
Yang ketiga ini adalah NOKEN AS atau bahasa mekaniknya CAMPSAFT ,NOKEN
AS ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya pasokan bahan bakar
yang akan diproses sampai menghasilkan tenaga pada mesin motor
kalian,dalam dunia balap motor ini adalah perangkat sakti buat para
tuning mesin ,karna perangkat ini sangat-sangat sensitive jika salah korek sedikit aja motor langsung ogah lari alias lemot,para mekanik punya jurus masing-masing dalam memodifikasi NOKEN AS.Tapi gw punya bocoran sedikit buat lo bro yang suka bikin kencang motor apalagi bagi para jago balap liar,moga-moga bocoran gw ini bisa lo terapin ama tunggangan lo,sebelum lo korek NOKEN AS,lo harus paham dulu apa aja yang harus lo perhatiin.Pertama –tama lo ukur camp standarnya baik yang IN maupun yang EX dengan alat ukur yang namanya SIKMAT,trus lo catat LIFT nya berapa trus LSA nya juga,kalau untuk motor standar korek kita tidak perlu EXTRIM untuk memangkas campnya,cukup mengambil 0,5mm dari ukuran standar motor udah sangar,tapi dalam hal ini lo bro jangan salah tanggap jangan lo pikir kalo lo udah pangkas CAMP nya motor lo langsung ngacir,lo harus (KUDU)ngukur KOMPRESI motor lo karna CAMP yang dah lo ubah tadi membutuhkan pasokan bahan bakar yang gak sedikit lagi,jadi OTOMATIS KOMPRESI MOTOR harus diukur ulang untuk mendapatkan POWER yang MAKSIMAL.Setelah diubah ukur KOMPRESI menggunakan Alat ukur KOMPRESI yang dinamakan (BURED),karna dengan mengukur KOMPRESI ulang kita dapat mengetahui perbandingan KOMPRESI standar dengan setelah kita rubah,karna kelebihan KOMPRESI juga gak bagus,mengakibatkan motor galak di bawah atasnya mandek juga bisa mengakibatkan kemacetan pada SEHER (PISTON),sebelum mencoba trik di atas alangkah baiknya kalian mempelajari dahulu cara-cara tuning CAMP agar tidak menjadi penyesalan dikemudian hari,semoga tips yang singkat dari saya ini bermanfaat.
0 komentar:
Post a Comment